Friday 16 December 2011

Taiyaki

pernah liat kue ini? yapsie, kue ini namanya taiyaki! :D


Taiyaki awalnya adalah imagawayaki yang dicetak dalam berbagi bentuk binatang. Di Jepang, ikan tai adalah ikan mahal yang hanya dimakan rakyat untuk kesempatan istimewa. Penjual imagawayaki juga membuat kuenya berbentuk ikan agar rakyat yang jarang memakan ikan tai menjadi senang. Selain itu, ikan tai dipercaya sebagai pembawa keberuntungan, sehingga imagawayaki dalam bentuk ikan populer sebagai taiyaki.



Dalam bahasa Jepang, tai adalah sebutan untuk semua ikan dari familia Sparidae. Loyang untuk memanggang kue ini berbentuk ikan, sehingga disebut taiyaki (dalam bahasa jepang, yaki berarti panggang). Taiyaki kualitas terbaik biasanya dinilai lewat isi selai kacang merah yang sampai dibagian ekor. (wikipedia)

itu deh sedikit tentang taiyaki hehe. dulu ya kalo baca komik sinchan atau hai miiko! selalu ngiler pengen nyobain kue ini haha :9
nah, belom lama ini di mall Taman Anggrek dibuka nih toko yang jual taiyaki. namanya Mou-Mou Taiyaki. karena penasaran akhirnya ngebet nyobain haha..



gerai Mou-Mou Taiyaki, MTA lt.3. tempatnya lucuuuk :3



kalo biasanya taiyaki itu isinya selai azuki (kacang merah) di sini macem2, ada rasa rendang juga XD


akhirnyaaa kesampean juga nyobain taiyaki hahahah XD *norak*


pas pesenan dateng, gw sama rika bilang hal yang sama "kok gak kayak yang dikomik ya?" ahahaha. setelah nyobain ternyata rasanya tuh hngg... mirip2 kayak kue pancong gitu *lidah Indonesia* hahaha, sayang ukurannya kecil, gak kayak dikomik, jadi makannya kurang puas :/

disini, ada tempat buat makannya, walopun kecil, tapi designnya lucuk bangeeeet >___<



i ♥ the wallpaper because i ♥ red so much!
*sebenernya ini wallpapernya warna merah*



narsis ria sama rika hehe :3



sampe pulangpun foto dulu *gamau rugi* :p



ayo cobaiiin :D *ini bukan iklan* Xp

2 comments: