Saturday, 26 February 2011

Pandora and The Hope

pernah denger pepatah "seperti membuka kotak pandora" ?. istilah kayak gini sering banget kita denger, emang apasih artinya?atau apasih kotak pandora itu?

kalo terjemahan gw artinya mendapat masalah akibat rasa ingin tau yang besar alias kepo *ngikik*

"Pandora Box" ini sebenarnya adalah "phitos" atau "bejana" (*gak dapet gambarnya* -___-) pemberian dewa Zeus pada Pandora, patung wanita cantik ciptaan dewa Hephaestus sebagai bentuk kemarahan Zeus atas perbuatan manusia yang mendapat ilmu pengetahuan para dewa dan Prometheus yang mencuri api dari olympus. Ke12 olympians memberinya berkah, maka dari itu ia dinamakan Pandora yang artinya "berkah dari semua".

Terakhir Zeus memberinya 2 hadiah, yaitu sebuah kotak dan rasa ingin tau yang besar. Zeus juga berpesan pada Pandora untuk tidak membuka kotak itu.
Pendek cerita, Pandora akhirnya penasaran untuk membuka kotak karena rasa ingin taunya yang besar itu. Akhirnya dibukalah itu kotak. *dhuar!* ternyata isinya adalah penderitaan, penyakit, pengkhianatan,monster (empousa diantaranya) dan semua hal buruk yang nantinya akan dialami manusia.
Pandora segera menutup kotak itu hingga hanya tinggal satu roh yang ada didalamnya yaitu "harapan".



thats the story of pandora. dan asal usul semua keburukan yang dialami manusia versi mitologi yunani.

yang menarik yang pengen gw bagi dari cerita pandora ini adalah, ketika semua beranggapan bahwa roh terakhir yaitu harapan, bisa menyelamatkan manusia ternyata adalah sebaliknya.

hope is the evilest spirit on that box

kenapa?

karena harapan akan memperpanjang waktu manusia untuk menderita. contoh kalo menderita kanker misalnya, kemudian dia diberi harapan untuk hidup, dia akan terus berusaha hidup dengan cara apapun padahal dia akan semakin menderita karena penyakitnya. dan itulah sebenarnya filosofi dari harapan.

emang jago banget deh orang yunani kalo bikin filosofi :3

thats why, in my opinion, philosophy have two side. yang tertulis artinya belum tentu seperti yang ditulis, tergantung siapa, bagaimana, dan untuk apa filosofi itu diartikan :)

dan satu lagi yaitu ketika pandora membuka kotak karena rasa penasaranya, melambangkan sifat manusia yang selalu ingin tahu, padahal hal tersebut sudah dilarang. semakin dilarang semakin ingin dilakukan,semakin penasaran alias kepo ~(˘▽˘~)(~˘▽˘)~

yeps, cuma itu yang pengen gw bagi. mungkin tulisan gw gak begitu bagus, tapi bahan ini terus aja berenang2 di otak gw minta dikeluarin *ambil pelampung* jadi apa boleh buat :p. tulisan ini juga ini cuma pendapat, gabungan sama hasil cari tau karena saking addicted-nya gw sama mitologi yunani :3
maaf ya kalo ada yang gak sependapat.....

yak sekian aja postnya.
goodnight readers, goodnight bloggers, goodnight love :)

No comments:

Post a Comment